Kelas linux DOT Indonesia

Selamat datang di coretan anti “benar” ini, sebenernya ini adalah sesi terpaksa, jiahahah…
Dipaksa membangun blog lagi, dipaksa mengutak atik gatuk sebuah coretan mengenai sebuah pesan dan kesan, about what??

Ah udah ah, saya mulai coretan ini dengan بسم الله الرحمان الرحيم,

Tertanggal 27-28 oktober 2018 ntahlah kesambet angin apa dan kenapa saya tertarik untuk mengikuti linux class malang yang diselenggarakan di kantor DOT indonesia.

Ya memang disitu tertulis untuk guru smk, dan saya masih baru mengenai itu (linux dsb) tersebut, namun saya usahakan memasang target penasaran saya (baca :keepo) tentang linux, sehingga memberanikan diri untuk ikut serta mendampingi senior saya yang lebih terbiasa dengan linux (baca : regenerasi).

Ya perjalanan jauh bukan sebuah halangan untuk mengobati apa itu penasaran tentang linux.

Sabtu tanggal 27 Oktober 2018 bertepatan dengan semangat penuh kantuk sampailah saya dan senior saya di lokasi DOT indonesia yang beralamat di DOT Indonesia Workshop, Perum Permata Hijau A15, Tlogomas, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144.

Dan memang saya sadari belum begitu terbiasa dengan linux, dan selama dikelas tersebut saya sangat tertinggal jauh sekali, dan syukur sebelah saya duduk adalah orang yang baik tak lain dia adalah Mas Sidarmawan. Yang membantu saya untuk mengejar ketertinggalan tersebut.

Dan nyatanya di bagain lesson yang terahir saya tertinggal satu sesi yakni merubah user admin menjadi root, mungkin faktor ngantuk yang sudah tidak dapat tergadaikan dengan yang lain 😭😭😭😭.

Masuk hari berikutnya saya merasa sangat penasaran lagi, namun rasa penasaran tersebut “ternodai” oleh kesalahan kecil di sesi terahir hari sebelumnya, nah disini termasuk salah satu hal berharga menurut saya, yang baru bisa saya tangani setelah ishoma dhuhur, parah banget.

Usut punya usut ternyata yang kemarin itu hanya kesalahan kurang spasi dengan tertinggal pembuatan vps, hingga domain, itu sebuah kerugian besar bagi saya. Tapi overall saya sangat berterima kasih untuk pembelajaran yang sangat berharga kelas ini.

Jujur kelas ini sangat bermanfaat dan memang layak untuk di publikasikan sebagai media penyemangat generasi IT yang anti badai dan anti galau serta halu demi memajukan diri dari sebuah ketertinggalan seputar perkembangan teknologi.

Oia ding, sebelum itu semua oleh sang komandan jenderal bapak Syamsul Ma’arif menjelaskan plusnya pakai linux, dari manajemen kinerja ram, bahkan jelimet sampe ke kernelnya linux yang bagi saya, loh ko hanya lewat sih…

Ga panjang lebar pesan dan kesan selama mengikuti pelatihan kelas linux system adminsitrasi ini, tak lain sperti yang saya curcolkan dibawah ini :
1. Mungkin ada baiknya crew Cloudkilat, DOT atupun KLIM melakukan ajang kelas linux ini dengan cara jemput bola keluar kandang dari kota malang ke kota² dijatim yangbmasih awam dengan linux, terutama sekolahan yang memiliki pendidikan seputar IT. Jadi hal ini bisa sedikit menambah banyaknya wawasan untuk siswa dan siswi.

2. Untuk peserta yang awam seperti saya, paling tidak harus mau dan sanggup menambah daya wawasan sendiri pula, kalau tidak begitu mengikuti kelas ini seperti hal yang sia sia, tapi bagi saya pribadi ga ada yang namanya sia sia hanya kurang beruntung itu saja lebih tepatnya 😂😂😂.

3. Kelas ini sangat bermanfaat sekali bagi mereka yang sudah “pernah” atau ingin menyicipi apa itu VPS (Virtual Private Server) jadi disinilah tempatnya dengan sistem pembelajaran yang memang sangat tepat sasaran.

4. Sepertinya memang harus ada kelanjutan kelas seperti ini, agar bisa menginspirasi kawula penggiat IT diluar sana, terutama untuk dunia pendidikan, seperi semboyan di sticker sysadmin, when developer needed hero!.

Jadi mari ciptakan pahlawan yang siap sakit dan maju demi dunia per IT an di negeri yang makmur ini.

Kesan saya selama dua hari disini, terdapat satu saja tpi sangat paaanjaaang untuk dijabarkan.

Kesan saya, asing untuk sesuatu yang baru itu wajar, namun dengan sering berada dilingkungan seperti ini kita tidak akan merasa asing dengan apapun yang kita anggap asing, nah kan kepanjangan kesannya, intinya, serasa berada di lingkungan keluarga baru, dan you know-lah keluarga bakal seperti apa. Selalu mendukung disetial ketidakmampuan kita.

Dan rasa syukur saya haturkan kepada Alloh Sang maha Bijaksana dan terima kasih saya haturkan sedalam-dalamnya untuk pemimpin DOT indonesia dan Cloudkilat yang telah menyediakan kelas ini, dan semoga mampu merubah semangat saya untuk hijrah dari user windows sejak jaman dulu hingga menjadi muallaf dengan linux, sebagai media pembelajaran untuk siswa sisiwi yang kelak insya Alloh akan saya persiapkan, sebagai Hero untuk diri mereka sendiri, keluarga besar mereka dan sekolah kami tercinta….

Semoga dari keterpaksaan ini sanggup merubah diri saya untuk mengutak atik blog ini, dan sekali sangat amat berterima kasih kepada tim Cloudkilat dan DOT indonesia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda di WordPress.com
Memulai
%d blogger menyukai ini: